Sabtu, 08 November 2008

istilah penerbangan

Sirkuit taxi dl bandara Lintasan tertentu dari pesawat udara didaerah pergerakan bandar udara dalam kondisi angin tertentu.
Sirkuit lalu lintas bandara. Lintasan tertentu yang diterbangi pesawat udara yang beroperasi disekitar sebuah bandar udara.
Simbol posisi radar Indikasi visual, dalambentuk simbolis, pada display radar, untuk' posisipesawat udara yang diperoleh dari pemrosesanotomatis untuk data posisi yang diperoleh dari radarprimer dan/ atau surveillance sekunder.
Separasi radar Separasi yang dipakai padainformasi posisi pesawat udara yang diperoleh darisumber-sumber radar.
Separasi non-radar. Separasi non-radar yangdipakai kalau informasi posisi pesawat udara diperolehdari sumber bukan radar.
Rute udara dengan pelayanan berbentuk saran Suatu rute penerbangan yang ditetapkan yang sepanjang jalurnya tersedia pelayanan yang berbentuk saran kepada LLU.
Rute navigasi wilayah. Suatu rute PLLU pelayanan LLU yang dibuat untuk digunakan oleh pesawat udara yang menerapkan navigasi wilayah.
Rute ATS. Suatu rute tertentu yang dibuat untuk menyalurkan arus lalu lintas bila diperlukan untuk pemberian pelayanan lalu lintas udara
Ruang udara terkendali. Suatu daerah udaradengan dimensi tertentu untuk tempat pelayananpemanduan LLU pada penerbangan 1FR dan VFRsesuai dengan klasifikasi daerah udara tersebut.
Ruang udara dengan pelayanan berbentuk saran Ruang udara dengan dimensi terlentu atau rute yang ditetapkan, yang didalamnya tersedia pelayanan yang berbentuk saran kepada LLU.
RPI. Indikasi visual, dalam bentuk non-symbolisdan/ atau simbolis, pada sebuah display radar posisipesawat udara yang diperoleh dari radar primer dan/atau surveillance sekunder.
Respon SSR. Indikasi visual, dalam bentuk non-symbolis, pada display radar, atas respons daritransponder SSR, menjawab suatu interogasi.
Resiko tabrakan. Tingkat resiko dari kedekatan pesawat udara dalam hal resiko tabrakan yang serius telah lerjadi.
Rencana terbang berulang Rencanapenerbangan berhubungan dengan serangkaian yangsering berulang, penerbangan yang masing-masingdioperasi teratur dengan uraian dasar yang identik,diajukan suatu operator untuk disimpan danpemakaian berulang oleh unit pemandu PLLU.
Rencana penerbangan. Rencana penerbangan.Informasi tertentu yai.g diajukan kepada unitpelayanan LLU, relatif dengan tujuan atau bagianpenerbangan pesawat udara.
Rencana penerbangan yang diisi Rencana terbang sebagai yang disisi dengan unit PLLU olehpenerbang atau perwakiian yang ditunjuk, tanpaperubahan yang menyusul.
Rencana penerbangan yang berlaku. Rencana terbang, termasuk perubahannya, kalau ada,dipengaruhi oleh izin yang berurutan.
Radar. Suatu alat pendeteksi pancaran radio yang memberikan informasi tentang jarak, azimut dan/atau elevasi suatu objek.
Radar sekunder Sistem radar apabila sinyalradio yang dipancarkan dari stasiun radar mengawalipancaran sinyal radio dari stasiun lain.
Radar primer Sistem radar yang memakai sinyal radio yang direfleksikan.
Radar pengamatan sekunder Sistem radarsurveillance yang menggunakan pemancar/ penen'ma(interrogator) dan transponder.
Radar pengamatan Peralatan radar untukmenentukan posisi pesawat udara dalam jarak danarah.
Radar clutler. Indikasi visual pada display radardari sinyal yang tidak diinginkan.
Pusat pelayanan pengendalian ruang udara pendekatan. Suatu unit yang dibentuk untuk memberikan pelayanan PLLU kepada penerbangan terkendali yang datang di atau berangkat dari satu atau lebih bandar udara.
Pusat pelayanan pengendalian ruang udara jelajah Suatu unit yang diadakan untuk pemberian pelayanan pengendalian LLU bagi penerbangan-penerbangan kecuali didalam wilayah ruang udara jelajah yang dibawah tanggung jawabnya
Pusat Koordinasl Rescue Suatu unit yangbertanggung jawab untuk pemantapan organisasipencarian dan pertolongan yang efisien dan untukmengkoordinasikan pelaksanaan operasi pencariandan pertolongan dalam daerah pencarian danpertolongan.
Pusat Informasi penerbangan. Pusat inlormasipenerbangan suatu unit yang dibentuk untukmemberikan pelayanan informasi penerbangan danpelayanan kesiagaan.
Publikasl Informasi aeronautlka. Publikasi yang diterbitkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan memuat informasi aeronautika yang bersifat jangka panjang dan penting bagi navigasi udara.
PSR Blip. Indikasi visual, dalam bentuk non-symbolic, pada display radar posisi sebuah pesawat udara diperoleh dari radar primer.
PSR Sistem radar surveillance yang memakaisinyal radio yang direfleksikan.
Prosedur pendekatan instrumen Rangkaiangerakan yang ditentukan oleh referensi berdasarterbang instrumen dengan proteksi tertentu dan"rintangan dari titik awal pendekatan, atau biladiperlukan, dari awal rute kedatangan tertentu menujutitik untuk dapat menyelesaikan pendaratan dansetela
Prosedur pendekatan batal Prosedurpembatalan pendekatan. Prosedur yang harus diikulikalau pendekatan tidak dapat dilanjutkan.
Prosedur belokan Suatu gerakan kalau putaran dilakukan menjauhi arah tertentu yang dilanjutkan dengan putaran dengan arah berlawanan agar pesawat udara dapat memotong dan terbang sepanjang arah yang resiprokal dengan yang ditentukan.
Profile. Proyeksi orthogonal lintasan terbangatau bagiannya pada bidang vertikal yang berhimpit dengan arah nominal.
Prakiraan. Suatu pernyataan tentang kondisi meteorologis yang diperkirakan untuk waktu atau periode tertentu dan untuk daerah atau bagian daerah udara tertentu
Posisi lintasan radar Suatu perhitunganekstrapolasi pada posisi pesawat udara yang berbasiskomputer pada informasi radar dan dipakai olehkomputer untuk tujuan pelacakan.
Peta radar Peta radar informasi yang dapatdilapiskan pada display radar untuk membuat indikasisiap pakai untuk bagian pilihan.
Pesawat udara Setiap alat yang dapat dukungan di atmosfer dari reaksi udara yang bukan reaksi udara terhadap permukaan bumi.
Perkiraan waktu yang diperlukan. tertentu ke titik lain. Waktu perkiraan yang diperlukan untuk bergerak dari satu titiktertentu ke titik lain.
Perkiraan waktu bergerak. Perkiraan waktusebuah pesawat udara akan mulai bergeraksehubungan dengan keberangkatan.
Perkiraan wakiu kedatangan. Perkiraan waktutiba. Untuk penerbangan IFR adalah wakiu yangdiperkirakan pesawat udara akan tiba diatas titiktertentu. ditentukan oleh referensi alat bantu navigasi,selanjutnya dimaksudkan untuk suatu prosedurpendekatan instrumen akan dimulai, atau bila t
Perkiraan jumlah waktu yang berlalu. Bagipenerbangan IFR, perkiraan waktu yang diperlukandari lepas-landas hingga mendarat diatas titik tertentu,ditentukan dengan referensi alat bantu navigasi,tempat yang dimaksud bahwa prosedur pendekataninstrumen dapat dimulai, atau kalau tidak terdapat al
Pengiriman buta. Suatu pancaran dari satu stasiun kepada stasiun lain dalam lingkungankomunikasi dua arah tidak dapat berlangsung tetapidipercaya bahwa stasiun yang dipanggil dapatmenerima pancaran.
Pengaruh darat. Kondisi kinerja yang diperbaiki(gaya angkat) disebabkan pengaruh permukaandengan pola arus udara dari sistem rotor kalauhelikopter atau pesawat udara VTOL lain beroperasidekat dengan daratan.
Penerbangan VFR. Suatu penerbangan yangdilakukan sesuai dengan peraturan terbang visual.
Penerbangan VFR khusus Suatu penerbanganVFR yang diberi izin oleh pemanduan LLU untukberoperasi dalam control zone pada kondisimeteorologi dibawah VMC.
Penerbangan terkendali. Setiap penerbanganyang berdasarkan izin PLLU.
Penerbangan bebas. Kemampuan operasi penerbangan yang aman dan efesien dalam IFR, memungkinkan operator bebas memilih lintasan dan kecepatan pada waktunya.
Penerangan darat penerbangan. Setiap penerangan yang diadakan khusus sebagai alat bantu navigasi udara berbeda dengan penerangan yang terpasang pada pesawat udara.
Pendekatan visual. Pendekatan olehpenerbangan IFR kalau sebagian atau selengkapnyaprosedur pendekatan instrumen tidak diselesaikan danpendekatan diselesaikan dengan referensi visualkedaratan.
Pendekatan radar Pendekatan untuk fase pendekatan akhir dilakukan berdasarkan petunjuk pemanduan radar.
Pendekatan presisi Suatu pendekatan danpendaratan instrumen memakai panduan presisi untukazimut dan glide path dengan minimum yangditentukan berdasar kategori operasi.
Pendekatan non-preslsl. Suatu pendekatan danpendaratan instrumen yang tidak menggunakanpanduan glide path elektronis.
Pendekatan akhir. Bagian prosedur pendekataninstrumen yang dimulai pada fix atau tilik pendekatanakhir yang ditetapkan, atau bila tidak ditetapkan.
Pendakian jelajah. Teknik terbang menjelajahsebuah pesawat udara agar terjadi tambahanketinggian terbang bersamaan dengan berkurangnyamasa pesawat udara.
Pemeriksaan udara. Penerbangan untukinvestigasi dan evaluasi suatu alat bantu navigasiuntuk menentukan bahwa alat tersebut telahmemenuhi toleransi yang ditentukan.
Pemberlan pencegahan lalu lintas Pemberlan pencegahan lalu lintas. Petunjukyang diberikan oleh unit pelayanan LLU menentukangerakan untuk membantu penerbang menghindaritabrakan.
Pemanduan radar. Pemanduan radar seorang yang berijazah sebagai pemandu LLU pemilik rating radar yang sesuai dengan fungsi penugasannya.
Pemanduan arus. Cara yang ditentukan untukdapat menyesuaikan arus lalu lintas udara kedalamdaerah tertentu, sepanjang rute tertentu, atau menujudaerah udara atau bandara secara paling efektif.
Pelayanan telekomunikasi penerbangan. Suatu pelayanan telekomunikasi yang diadakan untuk setiap keperluan penerbangan.
Pelayanan siaga. Pelayanan yang diberikan untuk menyampaikan berita kepada organisasi tertentu tentang pesawat udara yang memerlukan bantuan pencahan dan pertolongan, dan membantu organisasi itu bila diperlukan.
Pelayanan pengendalian ruang udara Jelajah. Pelayanan pengendalian LLU untuk penerbangan-penerbangan terkendali didalam wilayah ruang udara jelajah.
Pelayanan pengendalian ruang udara bandara Pemanduan LLU untuk lalu lintas di bandar udara
Pelayanan pengendalian ruang udara pendekatan Pelayanan pemanduan LLU untuk penerbangan-penerbangan terkendali baik yang datang maupun yang berangkat.
Pelayanan Informasi Penerbangan. Suatupelayanan yang diberikan untuk memberikan petunjukdan informasi yang berguna bagi pelaksanaanpenerbangan agar selamat dan efisien.
Pelayanan ialu lintas udara (LLU) Suatu istilah umum yang arlinya bervasiasi, pelayanan informasi penerbangan pelayanan kesiagaan pelayanan petunjuk/^saran bagi Ialu lintas udara, pelayanan pemanduan LLU (pelayanan pemanduan ruang udara jelajah, pelayanan pemanduan"* ruang udara pendekata
Pelayanan ADS Pelayanan memakai informasi pesawat udara diberikan secara ADS.
Pelayanan pemanduan lalu lintas udara (PLLU). Pelayanan yang diberikan dengan maksud: a) Mencegah tabrakan 1) Antara pesawat udara, dan 2) Di daerah pergerakkan antara pesawat udara dengan rintangan-rintangan, dan b) Agar terjadi kelancaran dan keteraturan arus lalu lintas udara.
Operator. Perorangan, organisasi atau perusahaan yang terlibat atau menawarkan untuk terlibat pada operasi pesawat udara.
Operasi pendekatan instrumen Operasipendekatan instrument terbagi menjadi pendekatannonpresisi dan pendekatan presisi.
Obstacle clearance altitude (OCA) or obstacle Altitude atau height \erer\6ah clearance height (OCH). Altitude atau height \erer\6ahdiatas elevasi pada threshold runway atau elevasibandara yang diperlukan, dipakai untuk dapatmemenuhi kriteria bebas n'ntangan yang tepat.
Observasl pesawat udara Evaluasi dari satu atau lebih elemen meteorologi yang dibuat pesawat udara yang sedang terbang.
NOTAM Pemberitahuan yang dibagikanmenggunakan telekomunikasi berisi informasiberhubungan dengan pembuatan kondisi atauperubahan fasilitas, pelayanan, prosedur atau halberbahaya, pengetahuan secara tepat waktudiperlukan para personil terkait dengan o
Nomor klasifikasi pesawat udara Suatu nomor yang menyatakan efek relatif dari sebuah pada perkerasan untuk kekuatan lapisan standar spesifik.
Navigasi sistem wilayah. Suatu metode navigasi yang memungkinkan pesawat udara beroperasi pada setiap lintasan terbang dalam angkauan alat bantu navigasi dengan menunjukkan jangkauan alat bantu navigasi dengan menunjukkan stasiun atau dalam batas-batas kemampuan suatu alat bantu
Monitor radar Pemakaian radar dengan maksudpemberian informasi dan petunjuk kepada pesawatudara relatif pada deviasi yang berarti dari lintasanterbang nominal, termasuk deviasi dari ketentuan yangberdasar izin pemanduan LLU.
Mode (SSR). Pengenal konvensionalberhubungan dengan fungsi khusus sinyal interogasiyang dipancarkan dari interogator SSR. Terdapat 4mode dalam Annex 10: A,C,S dan intermode.
Menara pemanduan dl bandara Unit yang didirikan untuk memberikan pelayanan pemanduan lalu lintas udara (PLLU) di bandar udara.
Memvektor dengan radar Pemberian panduannavigasi kepada pesawat udara dalam bentuk arahtertentu berdasakan pemakaian radar.
Memproses data Suatu operasi dengan urutanyang slstlmatls yang dllakukan pada data.
Lintasan kemiringan. Profil penurunan yangditentukan untuk panduan vertikal pada pendekatanakhir.
Level. Istilah generic sehubungan dengan posisivertical sebuah pesawat udara dalam penerbangan denganberbagai pengertian ketinggian (height, altitude or flight level).
Laporan udara Laporan dari sebuah pesawat udara dalam penerbangan dipersiapkan mengikuti persyaratan untuk laporan posisi, operasional dan atau meteorologi.
Laporan cuaca Laporan meteorologi.Penyataan tentang kondisi meteorologi yang diamatiberhubungan dengan waktu dan lokasi yangditentukan.
Lapisan transisi. Suatu daerah udara antaratransition altitude dan transition level.
Landasan pacu. Suatu daerah berbentukpersegi, pada bandara darat dipersiapkan untukpendaratan dan lepas landas bagi pesawat udara.
Lalu lintas udara. Gemua pesawat udara yang terbang atau beroperasi didaerah pergerakkan di bandara.
Lalu lintas bandara. Semua lalu lintas pada daerah pergerakan suatu bandara dan semua pesawat udara yang terbang disekitar suatu bandar udara.
Konvensi data. Kumpulan peraturan yangdisetujui mengatur cara atau urutan bila kumpulan datadapat di sambungkan menjadi komunikasi yang berarti
Kontrol radar. Istilah yang dipakai untuk menunjukkan bahwa inlormasi dari radar langsung digunakan untuk pelayanan pemanduan LLU.
Kontak radar Situasi yang terjadi bila posisiradar suatu pesawat udara tertentu terlihat dan dapat dikenali pada display radar.
Kondisi meteorologi visual. Kondisimeteorologi yang dinyalakan dalam istilah jarakpandang, jarak dari awan, dan tinggi lapisan awan,sama dengan atau lebih baik daripada minimum yangditentukan.
Kondisi cuaca visual. Lambang untukmenunjukkan kondisi meteorologi visual.
Kondisi cuaca Instrumen. Kondisi meteorologydinyatakan dalam istilah jarak pandang, jarak dariawan", ketinggiar. awan, kurang dari minima yangditentukan untuk kondisi meteorologi visual.
Komunikasl udara - darat. Komunikasi dua arah antara pesawat udara dan stasiun atau lokasi darat.
Komunikasl dinas tetap penerbangan (AFS). Komunikasi dinas tetap penerbangan (AFS) suatu pelayanan telekomunikasi antara tempat-tempat tetap tertentu yang diadakan terutama untuk keselamatan navigasi udara dan untuk terselenggaranya operasi penerbangan secara teratur efisien dan ekonomis.
Komunikasi udara ke darat Komunikasi satu arah dari pesawat udara ke stasiun atau lokasi didaratan.
Komunikasi dinas bergerak penerbangan. Suatu pelayanan komunikasi dinas bergerak antara stasiun-stasiun darat penerbangan dan stasiun-stasiun pesawat udara dimana stasiun-stasiun kapal penolong dapat berpartisipasi; stasiun-stasiun penunjuk arah yang menunjukkan posisi keadaan darurat dapat ju
Komunikasi darat-udara. Komunikasi darat keudara. Komunikasi satu arah dari stasiun atau lokasidiatas daratan dengan pesawat udara.
Kode Individual. Suctu bentuk 4 angka sebagaiKode-SSR dengan dua angka terakhir tidak O.

Tidak ada komentar: