Rabu, 19 November 2008

Tentang Apron

.....Apron......
Apron adaah parkir pesawat...

Dalam unit ini terbagi dalam 4 bagian, pertama load control, load master, ramp handling dan departemen control...
Load control adalah unit yang bertugas menghitung weight and balance pesawat. Hasil kerja dari load control adalah berupa load sheet. Load sheet akan dikirim ke kapten pilot sebagai referensi kapten saat sebelum penerbangan.

Load master adalah unit yang menangani segala sesuatu mengenai loading dan unloading bagasi dan cargo...unit ini akan memberikan actual load yang akan dikirim ke load control untuk di buat load sheet

Depco adalah unit bagian pada apron yang berfungsi memonitori kegiatan yang terjadi di lapangan. Selain itu, depco membuat jadwal harian pesawat. Bila ada masalah maka semua itu harus dilaporkan dan ditanyakan dahulu ke unit ini, karena depco adalah sumber informasi.

Ramp dispatcher adalah unit bagian pada apron yang berfungsi mengkoordinir semua aktivitas penerbangan di lapangan. Unit ini berkoordinasi dengan semua bagian, seperti mekanik, unit loading, catering, cleaning service, dan pertamina dalam hal pengisian bahan bakar. Bila terjadi masalah di lapangan, maka ramp dispatcher lah yang memberi laporan ke dep. operation.

Tidak ada komentar: